9 Langkah Mudah Untuk Kulit Bebas Jerawat

Bagaimana cara menyingkirkan jerawat?



Saya yakin bahwa semua orang ingin memiliki kulit yang cantik dan mulus serta terhindar dari jerawat. Jerawat yang mucul pada wajah jelas akan sangat mengganggu penampilan dan juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Jerawat muncul ketika pori-pori Anda terhalang oleh sebum (minyak yang melumasi kulit dan rambut). ini biasanya terjadi pada usia remaja, ketika keseimbangan hormonmengalami perubahan  dan hormon yang dihasilkan lebih banyak. Area yang paling rawan terhadap jerawat adalah hidung, dahi dan dagu karena produksi minyak di area ini merupakan yang tertinggi.

Sebelum anda pergi ke spesialis kulit, ada baiknya anda mengetaui beberapa langkah yang dapat membuat anda tehindar dari jerawat. Langkah efektif untuk pencegahan dan dapat dilakukan semua orang,

Menjaga wajah agar tetap bersih



Cara yang paling tepat untuk membersihkan wajah adalah dengan mencucinya minimal dua kali dalam sehari menggunakan sabun dengan kandungan Sulfur, karena sangat cocok untuk kulit yang bermasalah.Sangatlah penting untuk membersihkan kulit setiap anda bangun di pagi hari dan sebelum anda pergi tidur di malam hari. Hal yang perlu di ingat pada saat mencuci wajah anda adalah jangan menggosok wajah secara berlebihan, karena hal ini justru akan membuat produksi sebum pada area wajah akan meningkat dan memperburuk kulit anda.

Hindari sentuhan langsung rambut pada wajah anda.


Perlu anda ketahui rambut yang bersentuhan langsung pada wajah dapat memprovokasi munculnya jerawat. Faktanya minyak yang terdapat pada rambut akan memicu timbulnya jerawat ketika bersentuhan langsung dengan kulit wajah.

Pola makan sehat



Para ahli mengatakan bahwa kulit merefleksikan semua masalah yang terjadi di dalam tubuh kita. Untuk itu kita harus menjaga pola makan agar tubuh selalu sehat. Menjaga asupan nutrisi pada makanan dapat membantu membuat kulit anda tampak lebih bersinar dan cerah. Pola makan anda harus di dasari pada semua vitamin yang munkin di butuhkan pada tubuh kita. Itu dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, yang merupakan sumber alami unsur mikro dan vitamin.Yang paling penting salah satunya adalah vitamin A yang bertanggung jawab untuk regenerasi sel-sel kulit dan juga membersihkan tubuh anda secara sempurna.

Chromium sebagai tambahan asupan makanan 


Jika Anda ingin menghilangkan jerawat dan menurunkan berat badan pada saat yang sama, maka Anda dapat menambahkan kromium dalam asupan sehari-hari Anda. Tapi pertama-tama, anda dapat mengkonsumsinya sekali sehari untuk mengobati jerawat. Sebaiknya konsultasikan ini pada dokter anda.

Istirahat yang cukup


Salah satu cara yang paling efektif dan cepat untuk menyingkirkan jerawat adalah tidur cukup (8-9 jam sehari). Tidur nyenyak membantu untuk memulihkan tubuh dari dalam dan membersihkan racun. Jika fungsi tubuh anda baik maka berbagai masalah kesehatan dapat diatasi. Tidur siang hari juga membantu untuk memulihkan kembali kekuatan untuk melawan infeksi dan radang.

Masker madu sebagai Solusi terbaik 


Salah satu solusi terbaik dalam pengobatan jerawat adalah dengan madu. Ia memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-septik yang sangat efektif untuk kulit anda. Madu dapat membersihkan pori-pori dan menghilangkan jerawat dan cocok untuk kulit sensitif. Oleskan madu pada wajah anda seminggu sekali untuk mendapat hasil yang terbaik.


Batasi penggunaan make-up 


Kandungan bahan kimia yang terdapat dalam produk-produk kosmetik dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah kita. Kurangi penggunaan make-up pada area yang berjerawat, dan jika memang di haruskan memakainya gunakanlah dalam jumlah yang sedikit dan jangan lupa untuk menghapusnya sebelum anda tidur. Make-up yang tebal dapat menutup pori-pori anda dan memicu timbulnya jerawat.


Jangan memencet jerawat


Jangan sekali-kali memencet jerawat. Banyak orang berfikir dengan melakukan hal itu maka dia bisa terbebas dari jerawat. Padahal aktifitas ini hanya akan meningkatkan produksi sebum dan memicu timbulnya lebih banyak jerawat. Saat anda memencet jerawat lapisan kulit teratas akan rusak dan beresiko menimbulkan infeksi. Ini juga akan membuat bakteri mudah bersarang dan memperburuk kondisi kulit anda.


Cuci sarung bantal anda secara berkala


Ketika tidur kulit bersentuhan langsung dengan sarung bantal, hal ini menyebabkan sebum dan bakteri pada wajah menumpuk pada sarung bantal. Hal ini juga dapat memicu timbulnya jerawat. Jadi, cucilah sarung bantal anda secara berkala.


Jadi, ada banyak cara yang dapat anda lakuan agar terhindar dari jerawat. Semua cara ini jelas efektif dan aman. Ikuti tips-tips mudah terhindar dari jerawat pada artikel-artikel lainnya. semoga bermanfaat.

Ke Atas