Obat Alami Sakit Gigi Berlubang Terbukti Ampuh

Obat sakit gigi
adalah hal yang paling kita harapkan dikala kita sedang merasakan sakit gigi yang begitu hebat. Sakit gigi menjadi momok yang paling menakutkan bagi kita, hampir semua orang pernah merasakan atau mengalami sakit gigi. Jika kita sedang mengalami sakit gigi kadang kita suka tidak kontrol dan cenderung ceroboh dalam mencari obat sakit gigi, dengan harapan sakit gigi kita sembuh sampai segala cara dilakukan karena cara penanggulangan kita yang salah maka sakit gigi bukannya sembuh malah sakit gigi kita semakin menjadi.

Sakit gigi bisa terjadi karena banyak hal yang salah satunya adalah tidak bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut, maka dari itu jika anda tidak ingin mengalmi sakit gigi usahakan gigi anda terjaga kebersihannya. Sementara kerusakan gigi seringkali menjadi penyebab utama sakit gigi, penting bagi Anda untuk menganalisa lebih dalam untuk menentukan penyebab dari sakit gigi.

penyebab dan cara mengobati sakit gigi

Penyebab Sakit Gigi :

Infeksi

Infeksi pada gigi bisa di akibatkan karena gigi yang berlubang oleh sisa makanan yang tidak di bersihkan dan lubang pada gigi tertutup oleh sisa makanan lainnya yang lama kelamaan sisa makanan tersebut membusuk sehingga menimbulkan bakteri jahat yang tumbuh.

Penyakit gusi

Sakit gigi pun bisa di akibatkan oleh penyakit gusi, biasanya sakit gusi ini di akibatkan oleh panas dalam atau bisa juga di akibatkan oleh karang gigi.

Trauma gigi

Trauma pada gigi memang sering terjadi namun kita tidak menyadarinya, pada saat kita membuka kemasan produk makanan atau yang lainnya dan membukanya dengan menggunakan gigi kadang kita merasakan ngilu pada gigi itu adalah salah satu trauma gigi ringan, untuk trauma gigi berat biasanya di akibatkan benturan. Trauma pada gigi yang sangat parah karena benturan bisa mengakibatkan gigi kita mati karena saraf pada gigi tidak bisa berfungsi karena benturan tersebut.

Gigi yang abnormal

Gigi yang abnormal maksudnya adalah gigi yang tumbuh bukan pada tempatnya, gigi yang tumbuh menyamping sehingga dapat melukai gusi atau mengganggu gigi yang lainnya, gigi yang abnormal seperti ini dapat mendorong gigi normal sehingga gigi normal akan terganggu pula kesehatannya.

Erupsi gigi (pada bayi dan anak-anak usia sekolah)

Erupsi gigi biasa terjadi pada saat anak sedang dalam proses penggantian gigi dari gigi susu ke gigi baru, rasa sakit gigi yang di karenakan erupsi gigi tidak kalah hebatnya dengan sakit gigi yang lain, sakit gigi yang di karenakan erupsi terjadi akibat berubahnya rahang dan hal ini wajar terjadi.

TMJ / TMD (Temporomandibular Joint Disorder)

Sakit gigi yang di akibatkan penyakit lain yang di antaranya sinusitis atau infeksi telinga, dan ketegangan di otot-otot wajah dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang berujung pada sakit gigi, tetapi sering masalah kesehatan ini disertai dengan sakit kepala. Nyeri di sekitar gigi dan rahang bisa juga sebagai gejala penyakit jantung seperti angina. Jika dokter gigi Anda mencurigai penyakit medis ini menjadi penyebab dari sakit gigi Anda, ia mungkin akan menyarankan atau merujuk Anda ke dokter lain.

Jika Anda mengalami sakit gigi, mungkin anda memiliki kerusakan rongga atau gusi lanjut. Tanda pertama dari kerusakan mungkin rasa sakit yang Anda rasakan ketika Anda makan sesuatu yang manis, sangat dingin atau sangat panas. Jika pulp bagian dalam gigi yang memiliki jaringan saraf anda telah menjadi teriritasi, ini dapat menyebabkan rasa sakit di gigi Anda.

Gejala Yang Menyertai Sakit Gigi 

Karena gejala sakit gigi dapat ditimbulkan oleh masalah medis lainnya, maka kita akan kesulitan untuk bisa mendiagnosa penyebabnya tanpa evaluasi yang lengkap oleh dokter gigi. Jika Anda melihat nanah dekat sumber rasa sakit, atau mungkin di sekitar gigi Anda telah menjadi pembengkakan, penyebab itu terjadi karena tulang sekitar gigi menjadi terinfeksi. Atau juga nanah tersebut bisa terjadi karena adanya penyakit gusi, yang biasanya ditandai dengan peradangan pada jaringan lunak, gusi berdarah dan kehilangan tulang kering yang mengelilingi gigi.

Hubungi dokter gigi Anda segera jika Anda memiliki gejala berikut:

  • Demam
  • Kesulitan bernapas atau menelan
  • Pembengkakan di sekitar area gigi
  • Nyeri ketika Anda menggigit
  • Anda merasakan atau mencium bau busuk dari rongga pernafasan anda terutama mulut
  • Sakit pada gigi yang berkepanjangan

Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi

Sebenarnya jika anda sakit gigi anda harus segera memeriksakannya ke dokter agar dokter bisa sekaligus mendiagnosis dan mengobatinya secara tempat berdasarkan dari hasil diagnosa penyebab rasa sakit gigi itu timbul. Jika tidak di tangani secara tepat sakit gigi akan memperburuk kondisi
kesehatan badan Namun, jika Anda tidak sempat untuk pergi ke dokter gigi, saya akan memberikan tips bagaimana cara mengobati sakit gigi ringan yang dapat anda lakukan di rumah.

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Obat Sakit Gigi Dengan Air Garam Hangat

Air garam akan dapat mengurangi rasa sakit gigi anda, selain itu air garampun bisa membunuh bakteri pada gigi sehingga kita akan terhindar dari infeksi yang dapat menyebabkan kondisi dari gigi kita semakin memburuk.

Bersihkan Gigi Dengan Benang Yang Lembut

Jika gigi anda berlubang atau ada sisa makanan yang membuat gigi kita menjadi sakit anda bisa membersihkannya dengan benang yang halus, membersihkan gigi dengan benang halus seperti ini bisa mencegah kuman pada gigi dan juga dapat mencegah terjadinya luka akibat dari proses pembersihan.

Obat Sakit Gigi Dengan Bawang Putih

Bawang putih adalah obat penghilang rasa sakit disini hanya berfungsi sebagai pereda saja, Caranya ambil sedikit barang putih tempelkan ke gigi anda yang sakit diamkan beberapa menit kemudian ambil kembali potongan bawang putih yang kita tempelkan tadi setelah itu berkumur dengan air hangat. Jika rasa sakit gigi kita sudah reda jangan pernah berdiam diri segera lah bersihkan gigi anda dari kotoran atau sisa makanan yang menempel pada gigi anda karena jika gigi anda tidak di bersihkan maka rasa sakit akan timbul kembali.

Obat Sakit Gigi Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang kita kenal sebagai buah yang banyak sekali manfaatnya, di dalam jeruk nipis terdapat antiseptik yang dapat membunuh kuman pada gigi. Caranya cukup mudah ambil jeruk nipis peras airnya dan teteskan ke gigi anda yang sakit.

Obat Sakit Gigi Dengan Es Batu

Cara ini mungkin akan membuat anda bingung dimana pada dasarnya jika gigi kita merasa sakit dan gigi kita terkena es batu maka akan mengakibatkan rasa sakit pada gigi semakin parah, pendapat demikian memang benar namun yang akan kita lakukan bukan menempelkan es kepada gigi anda yang sedang sakit secara langsung namun es disini hanya sebagai alat kompres dimana kita akan mengompres bagian pipi yang dekat dengan gigi kita yang sakit sehingga akan meredakan sakit gigi anda dan akan mengurangi pembekangkan jika sakit gigi anda mengalami pembengkakan.

Obat Sakit Gigi Dengan Cengkeh


Cara mengobati sakit gigi dengan cengkeh memang terbilang sangat unik, cengkeh yang kita kenal sebagai rempah bahan makanan dapat kita pergunakan sebagai obat sakit gigi namun cengkeh yang akan kita pergunakan bukanlah cengkeh yang kering tetapi cengkeh yang masih basah, karena cengkeh yang masih basah ini mengandung minyak cengkeh yang dapat membunuh kuman pada gigi. Caranya ambil satu buah cengkeh kemudian potong cengkeh tersebut sehingga mengeluarkan cairan atau minyak dan tempelkan ke gigi anda yang sakit, diamkan beberapa menit lalu berkumur dengan air hangat.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk meredakan sakit gigi anda. Jangan pernah menaruh secara langsung aspirin atau obat penghilang rasa sakit lainnya ke gusi atau gigi yang sakit, karena dapat membakar jaringan gusi dan gigi anda.

Cara Mencegah Sakit Gigi

Kunci untuk mencegah sakit gigi adalah dengan melakukan kegiatan sehari hari yang dapat membuat gigi dan mulut kita selalu bersih. Misalnya, dengan menyikat gigi anda secaa teratur dan pakailah sikat gigi yang lembut sehingga menghilangkan kemungkinan terjadinya luka dan gigi berlubang yang dapat menyebabkan sakit gigi.

Beberapa tips untuk membantu mengurangi risiko Anda untuk mengembangkan sakit gigi :

  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari, sebaiknya pagi dan sebelum tidur.
  • Bersihkan semua area mulut setidaknya sekali sehari untuk mencegah penyakit gusi.
  • Kunjungi dokter gigi secara teratur untuk memeriksakan dan pembersihan secara profesional.

Ke Atas