Cara Menghilangkan Mata Panda Kurang Dari 30 Menit

Apa mata panda atau kantung mata ?. Kantung mata atau disebut juga eyebag dan mata panda merupakan mimpi buruk bagi penampilan wajah kita. Kantung mata biasanya membuat penampilan menjadi lebih tua dari usia kita sebenarnya. Semakin bertambah usia, maka eyebag akan semakin terlihat.

Pernahkah anda mengalami saat bangun pagi dan bercermin, wajah anda terutama bagian mata terlihat seperti mata panda. Kantung mata memang banyak dialami pria maupun wanita mulai dari remaja hingga orang dewasa. Mata panda tidak timbul begitu saja, umumnya mata panda muncul karena pola istirahat tidak teratur atau suka begadang.

Sejatinya mata panda atau kantung mata ini bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya. Tentu saja hal ini harus dibarengi dengan perubahan pola istirahat yang lebih taratur. Namun jika anda mengabaikan kantung mata ini, bukan tidak mungkin dia akan bertahan hingga waktu yang sangat lama di wajah anda.

cara menghilangkan mata panda atau kantung mata

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Untuk anda yang sudah mengalami permasalahan kantung mata ini, tak perlu khawatir. Kantung mata dapat dengan mudah dihilangkan dengan cara dan perawatan yang tepat. Beberapa tips-tips berikut ini mungkin dapat membantu anda dalam menghilangkan kantung mata atau mata panda dengan cepat.

Penyebab Mata Panda atau Kantung Mata

Sebelum membahas bagai mana cara menghilangkan mata panda, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu apa saja penyebab terjadinya mata panda. Mata panda adalah area hitam disekitaran mata yang merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan badan anda.

Secara umum, mata panda dan kantung mata terjadi akibar kelelahan dan kurang tidur. Namun bukan hanya itu saja penyebabnya, berikut adalah beberapa penyebab lain munculnya mata panda dan kantung mata :

  1. Kekuarangan cairan dalam tubuh
  2. Ada masalah ginjal
  3. Metabolisme tubuh yang rendah
  4. Kekurangan darah atau anemia

Beberapa kasus mata panda juga bisa disebabkan karena adanya alergi yang menyebabkan area sekitar mata jadi menghitam. Perlu diketahui, kulit disekitar mata 4 kali lebih tipis dibanding kulit tubuh bagian lain. Selain itu udara, cuaca serta cahaya matahari dapat memicu terjadinya perubahan pada kulit sekitar mata.

Menurut dokter, mata panda tidaklah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tapi meski begitu tentu tidak ada yang menginginkan penampilannya tidak enak dipandang karena adanya lingkaran hitam di area mata tersebut.

Menghilangkan Mata Panda Dengan Cara Alami dan Cepat

Di pasaran, saat ini telah banyak krim maupun obat yang dapat membantu mengatasi mata panda. Tapi ada baiknya anda mengetahui beberapa cara dan bahan alami yang dapat membantu anda dalam menyingkirkan mata panda. Selain itu bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Beberapa bahan tersebut diantaranya

Irisan Mentimun

Mentimun adalah salah satu bahan makanan yang sangat mudah ditemui, tak perlu mencari cara menanam mentimun untuk mendapatkannya. Cukup pergi ke warung sayur terdekat maka anda sudah bisa mendapatkan mentimun segar.

Mentimun merupakan cara yang sangat umum digunakan untuk perawatan kecantikan wajah termasuk mata panda. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengiris mentimun dengan ketebalan secukupnya. Ambil irisan tersebut lalu tempelkan pada kelopak mata dan diamkan selama 10-15 menit. Hasil akan terlihat sejak pemakaian pertama dan dapat diulangi setiap hari.

Irisan kentang

Satu lagi bahan yang sangat mudah didapat adalah kentang. Bahan masakan ini sangat banyak digunakan dalam berbagai keperluan dapur. Namun dibalik itu, ternyata kentang juga ampuh dalam mengatasi mata panda.

Cara menggunakannya sama seperti mentimun. Ambil irisan kentang, lalu letakkan pada bagian mata selama 10-15 menit. Enzim pada kentang berfungsi untuk mengurangi bengkak pada kantung mata serta memudarkan warna hitam disekitar mata.

Susu Segar

Susu segar juga mampu mengatasi mata panda. Namun susu yang dipakai adalah susu segar bukan susu bubuk atau kental manis. Kandungan pada susu segar sangat baik untuk kesehatan kulit.

Cara pakainya mudah, ambil beberapa kapas lalu rendam kedalam susu. Ambil kapas yang sudah direndam lalu tiriskan sampai tidak ada susu yang menetes atau anda bisa peras dengan lembut. Kapas yang sudah lembab dengan susu tersebut selanjutnya ditempelkan pada kantung mata selama 25-30 menit. Lakukan setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Ampas Teh

Untuk menggunakan ampas teh sebagai bahan penghilang kantung mata, anda dapat menggunkanan sisa ampas teh yang sudah diseduh dengan air panas. Untuk mempermudah anda, dapat menggunkan teh celup atau teh kantong.

Caranya ambil sisa teh celup yang telah didinginkan, lalu letakkan pada bagian kantung mata. Biarkan ampas teh tersebut selama 25-30 menit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, anda dapat menggunakan ampas dari teh hijau atau yang mengandung Chamomile.

Putih Telur

Telus yang digunakan adalah telur ayam yag diambil bagian putihnya saja. Namun cara ini hanya bagi anda yang tidak mempermasalahkan bau telur mentah. Karna buat saya pribadi tidak suka dengan bau telur mentah jadi cara ini tidak saya gunakan.

Namun bagia anda yang ingin mencobanya, dapat mengicuti cara berikut ini. Aduk-aduk sedikit putih telur tersebut, lalu oleskan pada bagian bawah mata. Untuk mempermudah anda dapat menggunkan kuas berukuran kecil. Putih telur yang telah dioles akan terasa menegang dan kaku ketika mulai mengering. Biarkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

Ada satu cara yang cukup instan dalam menghilangkan bengkak akibat kantung mata. Cara tersebut adalah dengan menggunakan es batu, biasanya cara ini juga digunakan untuk mengkompres bengkak pada luka. Namun cara ini tidak dianjurkan untuk sering dilakukan. Cara ini hanya memberikan efek sesaat saja atau bersifat sementara.

Cara Mencegah Terjadinnya Kantung Mata

Bila setelah anda mencoba beberapa cara diatas dan kantung mata anda telah hilang, ada baiknya anda menjaga agar kantung mata atau mata panda tidak muncul kembali. Untuk tahapan pencegahan mata panda adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan teratur seperti,

Makan Makanan Sehat

Meski semua tahu bahwa makan makanan sehat adalah salah satu kunci hidup sehat, namun nyatanya masih banyak yang mengabaikannya. Makanan cepat saji ataupun cemilan terkadang lebih menggoda ketimbang makanan sehat.

Salah satu kandungan makanan yang mempengaruhi terjadinya kantung mata adalah vitamin K dan vitamin B12. Untuk itu pastikan makanan anda mengandung 2 vitamin tersebut.

Utamakan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau seperti bayam. Kurangi juga pemakaian garam berlebih pada makanan. Garam yang berlebih dalam tubuh, hanya akan menjadi penyebab tersumbatnya cairan pada area mata yang memicu terjadinya kantung mata.

Perbanyak Minum Air Putih

Seperti kita ketahui, kekuragan cairan dalam tubuh dapat memicu terjadinya kantung mata. Untuk itu selalu minum air putih yang cukup untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan. Namun yang pelu dihindari adalah jangan meminum terlalu banyak air putih ketika hendak tidur. Hal ini justru akan membuat kantung pada pada pagi harinya.

Berhenti Merokok

Buat anda para perokok, ketahuilah bahwa salah satu efek yang akan ditimbulakan rokok adalah terjadinya lingkaran hitam pada area mata anda. Hal ini akan lebih diperparah jika anda memiliki tipe kulit yang kering. Jadi jika tidak ingin mendapatkan mata panda secara permanen, makan pertimbangkanlah untuk berhenti merokok.

Tak perlu dengan perawatan mahal dan ribet untuk mengatasi mata panda. Dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar sudah dapat membantu mengatasi mata panda. Selain itu, dengan manjalani pola hidup sehat dan teratur, dapat menjaga anda terbebas dari mata panda.


Ke Atas